Sunday 12 May 2013

Pengenalan Kampus Poltekkes Jur Kesehatan Lingkungan


Tinggal menghitung bulan bahkan hari Ujian Nasional telah di depan ambang mata dan juga dengan SNMPTN, bagaimana kabar adik-adik yang hampir mau lulus dan ingin melanjutkan keperguruan tinggi? Hm, sudahkah kalian memilih PTN atau PTK atau jenjang pendidikan yang setara lainnya?? Yukk, mari penulis bagi-bagi info nih kepada adik-adik tentang Perguruan Tinggi yang khusus Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan. Yang pertama mari kita tengok Visi, Misi dan tujuan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

VISI: Pendidikan yang Profesional untuk Menghasilkan Tenaga Kesehatan yang Kompeten

MISI:
1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi;
2. Membangun budaya penelitian yang berorientasi kepada masalah kesehatan komprehensif;
3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat;
4. Membina civitas akademika hubungannya dengan lingkungan berdasarkan pertimbangan nilai dan moral;
5. Menyelenggarakan manajemen pendidikan yang bersih dan prima.

TUJUAN:
1. Terlaksananya pengembangan pendidikan profesional;
2. Terlaksananya penelitian dibidang prndidikan profesional dan kesehatan;
3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya;
4. Terlaksananya pembinaan civitas akademika dalam hubungannya dengan lingkungan.

Ehem,, halo adik-adik udah baca kan visi, misi dan tujuan dari Poltekkes Banjarmasin? Sebelum membahas jurusan Kesehatan Lingkungan atau biasa disapa dengan Kesling unik dan menarik.. ada sedikit cerpen pengalaman pribadi penulis (hehehe...) Mari disimak....


Seorang siswi yang baru lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda yang lagi galau berat sebut saja Tari (bukan nama sebenarnya ya^^). Tari ini baru saja pindahan rumah dari SMD ke BJB (Banjarbaru) berniat melanjutkan kuliah ke STAIN atau di STMIK, namun takdir berkata lain dan si Tari pun akhirnya memutuskan mendaftar di Poltekkes Banjarmasin Kota Banjarbaru. Lalu Tari ada melihat satu jurusan yang bagus yaitu Kesling tanpa basa-basi Tari langsung saja memilih Kesling sebagai pilihan jurusannya. Ternyata akhirnya Tari menemukan jurusan terbaik di hatinya selain belajar mengenai fenomena perubahan alam lingkungan juga belajar bahwa alam sudah tidak bersahabat lagi dengan manusia. Terjadi ekspoitasi besar-besaran, pembangunan perumahan sudah banyak tidak sesuai lagi dengan standar yang ditetapkan, pencemaran asap kendaraan yang dapat menimbulkan hujan asam dan siap mematikan makhluk hidup dan manusia.


Kebiasaan buang sampah sembarangan hingga menimbulkan banjir dimana-mana. Semua kejadian itu mungkin saja Tuhan murka atas kelakuan manusia serakah dan tidak memperhatikan lingkungan, maka jurusan kesehatan lingkungan yang Tari pilih agar dapat membantu memulihkan kestabilan lingkungan rusak tetapi juga mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan sehat. Dan akhirnya terjadi hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan, lingkungan bersih dan sehat otomatis penyakit atau gangguan lainnya semakin menghilang, status derajat kesehatan manusia akan semakin tinggi, biaya untuk berobat akan semakin sedikit. Jadi lingkungan bersih dan sehat menjadi kunci untuk manusia sehat. Namun bila lingkungan kotor akan menjadi sarang penyakit dan manusia pasti sakit, percuma banyak berobat tetapi tinggal di lingkungan kotor. Betul tidak adik-adik? Oleh sebab itu jurusan kesehatan lingkungan menjadi pilihan tepat bagi adik-adik yang ingin lebih mempelajari ilmu-ilmu lingkungan baik ilmu murni maupun terapan. Untuk mata kuliah jurusan kesling sangat mudah dipahami dan dosen-dosen yang menyampaikan dengan santai namun serius, praktek untuk kesling diterjunkan ke lapangan secara langsung untuk mengamati gejala-gejala lingkungan. Pokoknya seru dan gokil deh dijamin punya.

Nah sudah ada bayangan masuk dijurusan kesling?
Sekian tulisan mengenai pengenalan jurusan kesehatan lingkugan. Salah khilafnya datang dari penulis dan untuk adik-adik persiapkan mental dan otak untuk menghadapi UN jangan tegang dan tetap berdoa kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan diutamakan jujur ya adik-adik^^ Ganbatte minna, sumimasen konniciwa \*^v^*/


Source:
1. Sejarah Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
www.google.com/gwt/x?hl=id&u=http://poltekkes-banjarmasin.ac.id/index.php%3Foption%3Dcom_content%26view%3Darticle
2. Visi & Misi
www.google.com/gwt/x?client=ms-samsung&u=http://poltekkes-banjarmasin.ac.id/index.php%3Foption%3Dcom_content%26vi
3. Silabus Mata Kuliah Mikrobiologi
4. Silabus Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan
5. Silabus Kimia Lingkungan

No comments:

Post a Comment