A.
Faktor
Fisik
Kita sama-sama maklum
bahwa kondisi fisik seorang penyimak merupakan faktor penting yang turut
menentukan keefektifan serta kualitas keaktifannya dalam menyimak. Misalnya,
ada orang sukar sekali mendengar dalam keadaan yang serupa itu, dia mungkin
saja terganggu serta dibingungkan oleh upaya yang dilakukannya untuk mendengar,
atau dia mungkin kehilangan ide-ide pokok seluruhnya.
Lingkungan fisik juga
mungkin sekali bertanggung jawab. Ruangan terlalu panas, lembab, ataupun
terlalu dingin, atau suara bising yang mengganggu dari jalan, dari kamar
sebelah, atau dari beberapa bagian ruangan tempat penyimak berada. Para hadirin
yang bergerak atau berjalan kian kemari seenaknya sehingga mengganggu orang
yang sedang menyimak itu.
Sepintas lalu, faktor-faktor
fisik yang telah diutarakan di atas bersifat sepele belaka. Namun, guru yang
bijaksana dan memiliki beragam pengalaman selalu memperhatikan hal-hal tersebut
agar proses belajar-mengajar mencapai tujuan yang telah digariskan. Suatu hal
yang tidak dapat kita lupakan sebagai seorang guru ialah perhatian para siswa
mudah sekali pudar dan menyimpang kepada hal-hal lain. Oleh karena itu,
faktor-faktor fisik yang dapat mengganggu dan menghambat kelancaran proses
menyimak haruslah disingkirkan. Kita percaya bahwa fisik yang prima merupakan
modal bagi penyimak.
B.
Faktor
Psikologis
Selain faktor fisik
yang dapat mengganggu kegiatan menyimak, masih terdapat faktor-faktor lebih
sulit diatasi yang melibatkan beberapa sikap dan sifat pribadi yakni faktor
psikologis dalam menyimak. Faktor ini antara lain mencakup masalah-masalah:
a.
Prasangka
dan
kurang simpati terhadap para
pembicara dengan aneka sebab dan alasan;
b.
Keegosentrian
dan asyiknya terhadap minat pribadi serta masalah pribadi;
c.
Kepicikan
yang
menyebabkan pandangan yang kurang luas;
d.
Kebosanan
dan kejenuhan yang menyebabkan
tiadanya perhatian sama sekali pada pokok pembicaraan;
e.
Sikap
yang tidak layak terhadap sekolah, guru, terhadap pokok
pembicaraan, atau terhadap pembicaraan.
Sebagian
atau semua faktor tersebut dapat memengaruhi kegiatan menyimak ke arah
merugikan yang tidak kita inginkan dan berakibat buruk bagi sebagai atau
seluruh kegiatan belajar para siswa. Dalam hal-hal seperti inilah para guru
menampilkan fungsi bimbingan dan penyuluhannya serta mencoba memperbaiki
kondisi-kondisi yang merugikan tersebut. Kegiatan positif mengajarkan kepada
murid yakni memperkuat sifat ketanpaprasangkaan, kewajaran tidak berat sebelah,
serta sifat tidak mementingkan diri sendiri, dan mencoba memberikan serta
mengadakan suatu latar belakang bersifat merangsang minat yang bertindak
sebagai suatu keadaan yang menguntungkan bagi penyimak responsif.
C.
Faktor
Pengalaman
Agak tidak perlu
disangsikan lagi bahwa sikap-ssikap kita merupakan hasil pertumbuhan,
perkembangan serta pengalaman kita sendiri. Kurangnya atau tiadanya minat pun
merupakan akibat dari pengalaman yang kurang atau tidak ada sama sekali
pengalaman dalam bidang yang akan disimak itu. Sikap-sikap yang antagonistik,
sikap-sikap yang menentang, serta permusuhan timbul dari pengalaman-pengalaman
yang tidak menyenangkan. Latar belakang pengalaman merupakan faktor penting
dalam kegiatan menyimak. Kosa kata simak juga memengaruhi kualitas menyimak.
Makna-makna yang dipancarkan oleh kata-kata asing cenderung mengurangi serta
menyingkirkan perhatian para siswa. Anak-anak tidak “mendengar” ide-ide yang
berada di luar jangkauan pengertian serta pemahaman mereka.
D.
Faktor
Sikap
Setiap orang akan
cenderung menyimak secara saksama pada topik atau pokok pembicaraan yang dapat
dia setujui ketimbang kepada pokok pembicaraan yang kurang atau tidak
disetujuinya. Sikap ini adalah wajar dalam kehidupan ini. Kita memang cenderung
menyingkirkan atau menghilangkan hal-hal yang dapat membuat kita goyang,
membuat kita tidak seimbang atau justru membuat kita mempertanyakan posisi kita
sendiri pada suatu pokok tertentu.
Pojok penulis: Maaf para pembaca budiman. Untuk pembahasan terampil menyimak kali ini kurang lengkap, karena file makalah lanjutan masih sama teman. Segera menyusul update selanjutnya. :)
No comments:
Post a Comment